Sponsor

Trafik

LINK EXCHANGE

Badge
Atau ini Badge2

Copy and paste on your blog/web. link me And I will link you back

Gus Dur : Teladan Unik Sesungguhnya  

Pengantar
Unik bahkan ajaib, namun selalu relevan dengan kata kreatif apabila kita berbicara mengenai karakter Gus Dur. Cara pandang dan sosok beliau yang belum ada duanya di Indonesia, mungkin telah menjadikannya sebagai manusia paling heboh. Entah beliau memilih menjadi berbeda atau tidak nyaman menjadi biasa, yang pasti beliau telah banyak memberi inspirasi bagi pemikiran yang lebih kreatif untuk kemajuan bangsa.
Gus Dur yang dibesarkan dalam keluarga intelektual religius Islam (NU) telah banyak mengenyam pengalaman dari studi keIslamannya. Beliau pernah bergaul dengan tokoh-tokoh Muhammadiyah Yogyakarta ketika masih bersekolah di Krapyak, menamatkan kuliah di Universitas Al Azhar Mesir, kemudian ke Universitas Baghdad Iraq, dan terakhir di Universitas McGill Kanada untuk pengkajian Islam. Pengalaman organisasi dalam tubuh NU, pergaulannya yang sangat luas dan kemampuannya untuk dapat berpikir unik dan cenderung efektif telah menempatkan beliau sebagai tokoh yang dihormati.

Gus Dur sebagai Presiden
Sosok Gus Dur yang cenderung vocal dan cukup mumpuni dalam menganalisis kehidupan politik pada masa Orde Baru telah membuat beliau dianggap sebagai ancaman politik. NU yang dipimpinnya telah berubah menjadi organisasi Islam yang lebih intelek dengan massa yang besar kala itu. Percobaan menggembosi efek karakter Gus Dur dalam tubuh NU pernah dilakukan pemerintah rezim Orba, namun hasilnya nihil. Penghormatan kalangan NU terhadap keluarga Hasyim Asy’ari yang tinggi, terlebih dengan kegeniusan seorang Gus Dur, dan beliau layak menerimanya.
Ketika masa reformasi berkibar, nama Abdurrahman Wahid menjadi cukup popular. Beliau menjadi salah satu dari sekian tokoh yang kritis dalam mencermati kebobrokan dan pengkhianatan rezim Orba. Kepopulerannya berlanjut dengan hadirnya PKB, alhasil beliau naik tahta presiden menggantikan masa Habibie yang singkat, dengan didampingi Megawati Soekarnoputri.
Kebijakan beliau yang popular ketika pemerintahannya adalah penghapusan UU deskriminasi terhadap etnis Cina Indonesia, dan pembubaran Departemen Penerangan yang dianggap telah memasung kebebasan pers Indonesia. Hal ini disambut baik, dan ini membuktikan bahwa Gus Dur memiliki management situasi yang sangat baik. Memang siapa saja yang duduk sebagai presiden kala itu harus membuat perubahan bila tidak ingin dinilai mandul fungsi ketika negara sedang panas dengan api perubahan. Namun hal tersebut cukup berarti dan dibutuhkan seorang yang cukup berani untuk memulainya.
Gus Dur akhirnya diminta mundur MPR karena kondisi kesehatan beliau dan tuduhan korupsi yang tidak cukup jelas adanya, digantikan oleh Megawati. Penentangan terhadap mundurnya Gus Dur sebagian besar didasarkan bahwa ada pihak tertentu yang ingin menghalangi pembaharuan yang dipiloti Gus Dur.
Mundurnya Gus Dur dari kursi presiden tidak dengan senantiasa meleburkan popularitasnya. Terbukti sosok nyentriknya yang cenderung lucu namun cerdas, telah membuatnya selalu diingat dan dihormati tidak hanya dari kalangan NU. Wataknya yang terlihat selalu ingin mendapat perhatian tidak pernah menjadi kekurangan beliau karena dasar bersikapnya yang lugas, mengedepankan kebebasan dan kejujuran dalam toleransi sangat dibutuhkan bangsa ini secara nyata.

Gus Dur dan Pandangannya tentang Islam Modern
Berbeda selalu menjadi poin yang baik dalam menonjolkan diri ditambah keuntungan menempatkan perilaku yang mudah sesuai keinginan. Mungkin hal itulah rumus enteng untuk menjadi tenar secara mudah apabila kita siap dikatakan orang aneh. Dengan sedikit peluang ada orang cerdas yang kagum akan pilihan hidup kita. Saya selalu berpedoman bahwa watak dan sikap adalah pilihan hidup dan jati diri hanyalah pandangan orang lain tentang pilihan hidup kita. Akan tetapi pilihan bersikap Gus Dur terhadap perkembangan dunia Islam tidak sama sekali terlihat sebagai sikap pecundang dungu yang siap dikatakan aneh.
Mulai dari sini saya tidak akan memandang Gus Dur sebagai seorang munafik, yang pandai memanipulasi peluang demi kepentingan yang tidak terlalu jelas. Namun akan ada pujian mulia untuk beliau karena saya yakin kehormatan dan kejayaan dien yang suci ini ada pada pemikiran yang berwawasan sangat jauh ke depan seperti pada pemikiran beliau. Dalam hal ini tentu saja pandangannya tentang penentangan Islam radikal. Artikel “Islam Benar lawan Islam Salah” yang diterbitkan Jurnal Wall Street tahun 2005 merupakan perwujudan pemikiran liberal Gus Dur yang sangat baik untuk dimunculkan.
Gus Dur yang dikenal sebagai negarawan berlatarkan Islam di Indonesia telah dengan lugas memunculkan ide tersebut. Bagaimanapun juga fanatisme agama yang keterlaluan tidak akan baik sama sekali bagi dunia dan bangsa ini. Apalagi apabila terdapat pihak yang dengan sangat mudah mengambil keuntungan dari konflik berlatarkan agama (pihak Barat yang lebih dulu kaya dan maju). Atau malah para terrorist yang mengaku Islam taat itu dikomandoi oleh pihak bukan Islam untuk politik pecah belah. Kita tidak tahu.
Masyarakat Islam jelas mengalami ketertindasan. Jelas lebih mudah menghajar muka orang lalu kabur dengan perasaan tidak bersalah. Namun mengalahkan musuh dengan jantan dan pulang dengan perasaan tidak bersalah yang sesungguhnya lebih memuaskan. Kaum fundamentalis Islam di dunia dengan jelas telah mengatakan “kami ummat muslim sedunia telah mengalami ketidakadilan”. Cukup di situ saja fungsi terorisme terhadap Barat. Jangan sampai merusak dan merugikan seperti di negara kita. Kini tiba saat untuk bersaing secara jantan dengan mengedepankan pluralitas. Dan saya yakin Gus Dur pasti tahu hal ini.
Mungkin gagasan “Islam Benar dan Islam Salah” akan memicu perpecahan yang sangat menguntungkan pihak Barat. Namun apabila pemahaman telah didapatkan dengan baik oleh setiap muslim, maka hal itu akan menjadikan muslim Indonesia berkarakter yang maju secara elegan dan tetap berpegang terhadap kejayaan dien yang suci ini. Tentu saja hal ini akan jauh lebih baik daripada semua muslim menjadi terrorist brutal karena saat itu kita jelas salah. Saya kira hal ini cukup sederhana. Sangat sulit apabila kita terpecah namun alangkah lebih mudah apabila kita menjadi orang baik terlebih dahulu.

Gus Dur adalah salah satu tokoh yang menginspirasi kehidupan banyak orang termasuk saya. Bagaimanapun juga keberanian untuk berbeda adalah modal untuk berani menjadi yang terbaik. Dan karakter unik yang tangguh akan melampaui keunggulan karakter umum yang paling sempurna sekalipun.
Curriculum Vitae


Nama : Ariyanto Nugroho
Tempat/Tgl lahir : Bantul / 28 Januari 1990
Alamat : Jl Jend Gatot Subroto Babadan Bantul Yogyakarta
55711
Siswa Sekolah : SMAN 1 Bantul Yogyakarta
Alamat : Jl KHA Wakhid Hasyim Bantul Telp 367547
Mobile Phone : +628175423094
e -mail : arisma1b@yahoo.co.id


Penghargaan yang Pernah Diperoleh
Juara I Lomba Penulisan ASEAN yang dilaksanakan oleh Departemen Luar Negeri Republik Indonesia tahun 2006
Juara III Lomba Karya Tulis Perpajakan 2006 yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan Republik Indonesia


1 comments: to “ Gus Dur : Teladan Unik Sesungguhnya

  • goodguy
    5:04 PM  

    that's was a really brilliant opinion about him, i know that the writer should be a very handsome,gold-heart,and honest guy.that's all.ou one left,the handsome ariyanto isn't a perfect person,right.just a little bit awesome to be thought from several human like you.hehe.there is no need to ngebrekkz,but not this time.
    happy new year

Blog Directory

Statistik

JOS Theme By Adha Yuliandarmaji Powered by Blogger