Sponsor

Trafik

LINK EXCHANGE

Badge
Atau ini Badge2

Copy and paste on your blog/web. link me And I will link you back

GANGGUAN FUNGSI HATI :  


HEPATITIS ( RADANG HATI )


Belum lama ini aku mengetahui macam-macam jenis penyakit liver dari teman ayahku, wah ternyata banyak banget ya  :)dari Hepatitis A-G dari Penyakit kuning-sirosis hati.Berikut aku tuliskan untuk anda beserta pencegahannya, moga berguna bagi kita  :)
Hepatitis adalah peradangan pada hati, dapat disebabkan karena minum alcohol berlebihan dan penyalahgunaan obat-obtan atau terlalu banyak dosis. Bisa juga terinfeksi virus hepatitis yang dapat menyebabkan komplikasi pada organ hati.
Macam – macam jenis hepatitis :


Hepatitis A :
Timbul kerusakan berat pada jaringan organ hati secara mendadak yang disebabkan karena Virus Hepatitis A yang ada di air kotor, kerang atau juga ternak.

Hepatitis B :
Timbulnya kerusakan pada jaringan organ hatiyang disebabkan oleh virus Hepatitis B yang umumnya terdapat pada orang dewasa. Dan jika system kekebalan tubuh kita menurun, virus ini dapat aktif dalam tubuh. Bisa menular kontaj darah, keringat, dan air liut.

Hepatitis C :
Kerusakan organ hati karena terinfeksi Virus Hepatitis C yang biasanya ditularkan secara langsung dari satu orang ke orang lain lewat darah, jarum suntik, atau ibu hamil pada janinnya.

Hepatits D :
Hepatitis D Virus ( HDV ) atau virus delta adalah virus yang unik, yang tidak lengkap dan untuk replikasi memerlukan keberadaan virus hepatitis B. Penularan melalui hubungan seksual, jarum suntik dan transfusi darah. Gejala penyakit hepatitis D bervariasi, dapat muncul sebagai gejala yang ringan ( ko-infeksi ) atau amat progresif.

Hepatitis E :
Gejala mirip hepatitis A, demam, pegel linu, lelah, hilang nafsu makan, dan sakit perut. Penyakit yang akan sembuh sendiri ( Self – Limited ), kecuali bila terjadi pada saat kehamilan, khususnya trimester ketiga, dapat mematikan. Penularan melalui air yang terkontaminasi feses.

Hepatitis F :
Baru ada sedikit kasus yang dilaporkan. Saat ini para pakar belum sepakat hepatitis F adalah penyakit hepatitis yang terpisah.

Hepatitis G :
Gejala serupa hepatitis C, seringkali infeksi bersamaan dengan hepatitis B dan/atau C. Tidak menyebabkan hepatitis fulminan ataupun hepatitis kronik. Penularan melalui transfuse darah jarum suntik.
Semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi anda semua.

Gejala secara umum untuk hepatitis :


  • Lemah, letih, lesu dan nyeri otot.
  • Demam ringan.
  • Mula, kurang nafsu makan, dan tubuh menguning, (mata, kulit menguning).
  • Kencing berwarna gelap, kototran pucat, kadang-kadang gejala sangat ringan seperti flu.
  • Warna kuning yang timbul pada mata, kulit, disertai demam, cepat lelah dan pusing juga bisa disertai pingsan.


Penyakit Kuning ( Jaundice )


Penderita baik dewasa maupun anak-anak dengan kulit dan mata yang kuning.
Sakit kuning merupakan gejala awal pada gangguan fungsi liver ( hati ), penyumbatan saluran empedu atau disebabkan obat-obatan yang mengganggu fungsi hati, atau disebabkan obat-obatan yang mengganggu fungsi hati, atau pada saat adanya gangguan metabolisme Bilirubin ( Substansi yang diproduksi pecahan sel darah merah).
Warna kuning yang timbul pada kulit dan mata disebabkan karena meningkatnya kadar Bilirubin dalam tubuh sehingga mengganggu kerja organ liver.

Sirosis Hati ( Pengerasan organ Hati )


Penyakit hati kronik yang dianggap dalam dunia kedokteran penyakit irreversible, ditandai dengan kerusakan pada jaringan hati. Namun masih diusahakan perbaikan, untuk menunda proses kerusakan lebih lanjut.
Gejalanya :
  • Kembung, banyak angin di perut, nyeri pada daerah ulu hati.
  • Perut mengeras dan membesar.
  • Demamdan meriang juga sulit untuk bergerak.

Penyebabnya :
  • Kebiasaan mengkonsumsi obat – obatan dan minuman beralkohol.
  • Infeksi oleh virus dan bakteri
  • Adanya sel tumor dan kangker, sehingga menghambat kerja organ liver.
  • Penumpukan racun dalam tubuh yang berlebihan dan kurang istirahat.


Ok, mungkin itu aja dulu. Moga kita selalu dijauhkan dari penyakit tersebut. Dan bagi yang sudah terkena tetap semangat dan selalu berfikir positif, ambil hikmah yang ada. God bless you all!!!!


1 comments: to “ GANGGUAN FUNGSI HATI :

  • GEJALA GANGGUAN HATI
    11:14 PM  

    Gangguan hati sendiri bentuknya berjenis-jenis, dengan jumlah penderita tak sedikit. Jumlah pengidap hepatitis C saja sekitar 3% dari populasi. Belum lagi hepatitis A dan B yang jumlahnya jauh lebih banyak. Apalagi jika ditambah dengan perlemakan hati, sirosis, intoksikasi obat, fibrosis hati, dan penyakit lain yang nama-nya jarang kita dengar.
    Penyakit-penyakit tadi umumnya ditandai dengan peningkatan angka SGOT-SGPT. Namun, kedua enzim itu tidak 100% dihasilkan oleh liver. Sebagian kecil juga diproduksi oleh sel otot, jantung, pankreas, dan ginjal. Itu sebabnya, jika sel-sel otot mengalami kerusakan, kadar kedua enzim ini pun meningkat.

    3 (tiga) senyawa digunakan dalam pengobatan Hepatitis C adalah:

    1. Interferon Alfa adalah suatu protein yang dibuat secara alami oleh tubuh manusia untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh/imunitas dan mengatur fungsi sel lainnya. Obat yang direkomendasikan untuk penyakit Hepatitis C kronis adalah dari Inteferon Alfa bisa dalam bentuk alami ataupun sintetisnya.
    2. Pegylated Interferon Alfa, dibuat dengan menggabungkan molekul yang larut air yang disebut “Polyethylene Glycol (PEG)” dengan molekul interferon alfa. Modifikasi interferon alfa ini lebih lama ada dalam tubuh, dan penelitian menunjukkan lebih efektif dalam membuat respon bertahan terhadap virus dari pasien Hepatitis C kronis dibandingkan interferon alfa biasa.
    3. Ribavirin adalah obat anti virus yang digunakan bersama interferon alfa untuk pengobatan Hepatitis C kronis. Ribavirin kalau dipakai tunggal tidak efektif melawan virus Hepatitis C, tetapi dengan kombinasi interferon alfa, lebih efektif daripada inteferon alfa sendiri.

    READ MORE http://djendral-berbagi.blogspot.com/2013/04/gejala-gangguan-hati-hepatitis-c.html

Blog Directory

Statistik

JOS Theme By Adha Yuliandarmaji Powered by Blogger